Pengertian Survey Topografi

Pengertian Survey Topografi

lokasi titik henti

Topografi (berasal dari kata “topos” yang berarti tempat dan “grapho” yang berarti menulis) adalah studi tentang bentuk permukaan bumi dan benda langit lain, seperti planet, satelit (alami, seperti bulan), dan asteroid. Hal itu juga termasuk penggambarannya di peta. Ada dua teknik yang dapat membantu studi topografi ini, yaitu survey secara langsung dan penginderaan jarak jauh (remote sensing). Kali ini, kita akan membahas tentang survey secara langsung atau lebih dikenal dengan nama survey topografi.

Proses perpindahan bentuk bumi dan permukaannya membutuhkan sebuah keahlian khusus, yang dimiliki oleh seorang surveyor, sedangkan pekerjaan seorang surveyor biasa disebut survey topografi. Survey topografi adalah survey yang bertujuan untuk mencari informasi permukaan tanah. Informasi tersebut dapat berupa tinggi rendah hingga keadaan fisik dan posisi suatu benda, baik yang berupa alamiah maupun buatan manusia, di permukaan lahan yang akan dipetakan. Survey ini sangat berguna dalam pembuatan peta topografi. Survey topografi biasa dilakukan pada pekerjaan konstruksi.

Survey topografi umumnya dilakukan pada bidang datar, dengan mengabaikan kelengkungan bentuk bumi (dengan melakukan perhitungan menggunakan suatu rumus) karena (biasanya) kelengkungan bentuk buminya kecil.

Walaupun penginderaan jarak jauh (remote sensing) sudah menggunakan teknologi yang sangat maju, survey secara langsung masih dibutuhkan untuk mendapatkan hasil/informasi yang lebih akurat mengenai keadaan suatu permukaan lahan.

Kesalahan-kesalahan Pengukuran Topografi (bagian 1)
Pekerjaan Survey Pemetaan Topografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *